Kamis, 25 Agustus 2011

Makna Idul Fitri

Setelah sebulan penuh kita menahan diri dari haus dan lapar dan juga menahan diri dari perbuatan-perbuatan tercela, kini tiba lah hari kemenangan itu datang yaitu hari raya Idul Fitri. Sebelum hari kemenangan ini datang, sebagian umat muslim sibuk menyiapkan semua keperluan untuk hari nan fitri ini. Mulai dari mempercantik rumah, membuat kue-kue lebaran, beli baju baru, dan banyak lagi, haruskah di hari lebaran kita menggunakan yang serba baru ? mungkin ini hal yang tidak bisa di hindari lagi oleh sebagian orang untuk menyambut hari lebaran. Namun apakah kita tau apa makna yang sebenarnya dari Idul Fitri ini ? nah, sekarang saya ingin
menjelaskan sedikit apa makna dari idul fitri ini sebenarnya.
  1. Makna idul fitri yang pertama adalah di hari ini semua umat islam merayakan kemenangannya atas perang dari melawan diri dari hawa nafsu selama sebulan.
  2. Yang kedua, rasa prihatin terhadap sesama. Saling tolong menolong dan memberi kepada orang-orang yang berada di bawah kita
  3. Yang ketiga, mempererat silaturahmi dengan saudara-saudara kita. Mungkin di hari biasa nya kita terlalu sibuk dengan aktivitas hingga tidak bisa bersilaturahmi dengan keluarga maupun saudara. Namun di hari lebaran kita selalu menyempatkan untuk bermaaf-maafan dengan kakek,nenek,orang tua,kakak,adik,sepupu, dan semua nya.
Makna Idul Fitri di atas adalah sebagian yang saya tau. Semoga di hari yang fitri ini kita lebih memahami apa makna dari hari lebaran ini. Wassalam :)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar